Carl Gustav Jung
Ini Carl Gustav Jung, bukan Mbah!

Mbah-mu! adalah dedengkot atau penghuni paling tua dari Situs Keluarga Pedia. Pendiri Situs Keluarga Pedia, sekaligus kontributor tetap situs keluarga pedia. Kalian bisa memanggil Mbah-mu! dengan panggilan Mbah, atau Mbah-ku, atau bisa juga memanggil dengan sebutan Si Mbah! 

Lalu, siapa sebenarnya Mbah-mu!? Nama lengkap tersamarkan mbah adalah Pak Tua Trilan. Karena terpaksa menjabat sebagai seorang pak tua, itulah sebabnya kalian bisa memanggil pak tua ini dengan sebutan Mbah. Mbah bukan tokoh masyarakat, apalagi pejabat. Mbah hanya rakyat biasa sama saja seperti para pembaca, rakyat yang ingin suaranya di dengar oleh para pemimpin negeri ini.

Bercerita adalah kebiasaan para mbah, para mbah di berbagai belahan dunia biasanya bercerita tentang banyak hal, seperti pengalaman hebat mereka, hingga pengetahuan-pengetahuan mereka yang berharga, kebanyakan mereka menceritakan cerita-cerita hebat itu pada Cucu-cucu mereka. Namun, sayang sekali hingga hari ini mbah belum dikarunia seorang cucu-pun, akhirnya terpaksa untuk menyalurkan hasrat bercerita mbah, layaknya para pak tua lainnya. Maka mbah berinisiatif berbagi pengetahuan, pengalaman, dan cerita-cerita berharga melalui portal keluarga ini.

Mbah adalah seorang pak tua yang masih memegang teguh semangat pemuda dalam menjalani kehidupan. Mbah punya banyak hobi, kecintaan, dan kegilaan. Mbah hobi menulis, menulis cerita-cerita yang biasanya dibumbui dengan kebijakan-kebijakan yang berharga, khas pak tua. Serta sesekali nampak dramatis, yaitu untuk menjiwai tulisan mbah.

Mbah gemar sekali menumpuk mimpi. Meski sudah menjadi pak tua, mbah juga masih gemar mengoleksi mimpi layaknya anak muda. Mimpi-mimpi mbah harus mimpi terbesar, mimpi yang kebanyakan terlalu sulit diraih. Mimpi-mimpi itu menuntut kekokohan raga para pemuda, kebesaran semangat para pemuda, dan keteguhan jiwa para pemuda untuk membenci kata menyerah. Itu adalah beberapa sifat anak muda yang masih tertambat dalam diri pak tua ini.

Mbah adalah salah satu penggila kreatifitas. Mbah suka menggambar meski gambaran mbah masih belum beda jauh dengan gambaran anak-anak SD zaman dulu. Mbah paling hobi menggambar Wireframe untuk UI, dan sketsa untuk produk-produk kreatif. Selain menggambar, mbah juga gemar sekali untuk mencurahkan hasil brainstorm kedalam skema-skema aneh, dan menyebalkan. Kalau tidak salah beberapa skema aneh itu namanya Mind Map.

Mbah merupakan salah seorang yang mencintai kebijakan. Mbah penyendiri, menatap langit mencari keluasan makna dari kehidupan. Menatap ujung laut untuk mencari kebenaran yang akhir, menyimpulkan. Mbah adalah penyendiri yang sesekali memilih tempat paling tinggi untuk merenungi, tempat dimana mbah bisa melihat banyak orang, memperhatikan tanpa ada yang merasa diperhatikan, lalu menghasilkan penghayatan dari kehidupan manusia. Kesendirian mbah-mu! adalah proses pemikiran panjang, pembelajaran, yang semoga terus menumbuhkan kebijakan-kebijakan terbaik dalam jiwa mbah.

Kaca mata, mbah menggunakan kaca mata yang tak nampak. Kaca mata untuk memahami realita dari setiap kejadian yang rasanya selalu ambigu, mencerna fakta yang sesekali teramu dengan opini. Mata mbah masih sehat, sehingga belum membutuhkan kaca mata tebal, namun rasanya tidak begitu dengan sudut pandang mbah. Kehidupan di zaman ini menuntut mbah untuk mampu melihat dengan kritis setiap kejadian. Setiap kejadian di masa ini selalu menghasilkan terlalu banyak makna, terdistorsi dengan keinginan dan hasrat manusia yang semakin menakutkan saja. Sehingga, kaca-mata jiwa sangat diperlukan untuk menjaga sudut pandang kita agar tetap berada pada sudut pandang yang benar, yang bisa dipertanggungjawabkan.

Petuah dan kepo, dua kata yang takkan lepas dari sosok tua yang telah dididik waktu. Begitupun Mbah, Mbah gemar sekali menyampaikan petuah nasihat hingga kepo sekedar menanyakan kabar. Mbah juga suka bercanda. Karena sering bercanda, Mbah memperoleh beberapa julukkan keren. Misalkan saja “Bengkoang” atau julukkan lain yang keren sekali adalah “Quote Berjalan”. Huh!

Menulis, merangkai logika kedalam bahasa komputer (koding), mendesain, berfikir, bertarung dengan rasa takut, mendalami makna, belajar dalam penghayatan, hingga menggunakan topeng-topeng berkelas, itulah hobi Mbah-mu. Hobi menyebalkan khas Pak Tua.

Yak. Cukup sebatas itu perkenalan kita di sesi ini. Selanjutnya kalian akan mengenal Mbah lebih jauh (jika kalian mau) melalui tulisan-tulisan kecil yang menyajikan sudut pandang mbah. Selamat menikmati hari, para pembelajar hebat.