Kemampuan Dasar Menulis! Agar Tulisan Lebih Mengesankan

Kemampuan Dasar Menulis – Sahabat Pedia, apa kabar hari ini? Semoga kalian berbahagia. Beberapa hal di dunia ini, entah kita menginginkannya atau tidak, hal itu akan tetap berlaku bagi kehidupan kita. Tulisan misalnya, entah kita sepakat atau tidak, cara kita menulis sedikit tidak akan memengaruhi bagaimana penilaian orang lain terhadap diri kita. Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin akan tidak begitu sering membuat menulis untuk berkomunikasi atau menyampaikan informasi, namun dalam dunia pendidikan atau pekerjaan, menulis adalah perkara wajib yang tak bisa dihindarkan. Maka, memiliki kemampuan dasar menulis yang baik adalah sangat penting, dan kali ini suguhan Pak Tua adalah tentang kemampuan dasar menulis yang penting dimiliki siapapun, semoga membantu.Menulis, Kemampuan Menulis

Sebagai pekerja atau pelajar yang biasa berhadapan dengan kegiatan menulis dokumen atau sekedar menulis pesan elektronik (email) kepada rekan beraktivitas kita, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu sahabat pedia perhatikan sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki:

Mulailah dengan Mengungkapkan Maksud Yang Jelas

Biasakan untuk menyatakan tujuan dari sebuah komunikasi tertulis pada awal tulisan, hal ini agar orang lain mengerti mengapa ia harus membaca tulisan yang kita tulis.

Misalnya, “Untuk menindaklanjuti pertemuan kita minggu lalu. Berikut ini adalah daftar tugas yang harus anda selesaikan!“, hal ini lebih baik daripada,Berikut ini adalah daftar tugas yang harus diselesaikan …, daftar tugas ini sebagai tindak lanjut pertemuan kita kemarin.

Menulislah dengan Memiliki Fokus

Kadang kita sering menulis dengan atau tanpa kita sadari sesuatu yang tidak sesuai dengan fokus yang sedang dibahas maupun target audien yang akan membaca. Cobalah untuk tidak kehilangan arah dan berusaha membatasi untuk hanya membahas satu pokok masalah pada satu dokumen. Hindari untuk membuat pikiran audien anda bercabang, atau menyuguhkan apa yang tidak diperlukan audien.

Tulislah Secara Berurutan

Tulisan sebaiknya diurutkan dalam urutan logis.

Buatlah Paragraf yang Cukup

Adalah hal yang melelahkan untuk membaca sebuah paragraf yang sangat panjang, bukan begitu? Maka, ketika menulis, pastikan untuk memisahkan setiap ide pokok yang hendak dibahas ke dalam paragraf tersendiri, beberapa ide pokok tidak benar untuk dibahas dalam satu paragraf. Jika ada paragraf yang masih terlalu panjang, sahabat pedia bisa membaginya ke dalam paragraf baru dengan ide pokok yang lebih sempit. Sehingga kalian memiliki paragraf yang cukup nyaman dibaca oleh audien.

Gunakan Bullet dan Penomoran Jika Memungkinkan

Menggunakan bullets and numbering pada kondisi-kondisi yang memungkinkan akan meningkatkan keterbacaan dari tulisan yang sahabat pedia buat.

Perhatikan Penggunaan Kata

Ada banyak kata yang sebenarnya salah namun terasa tidak salah ketika kita menuliskannya. Hal-hal semacam ini seringkali membuat memberikan kesan yang amat buruk pada audien anda. Maka selalu lakukan pemeriksaan ganda setiap kali selesai menulis untuk menghindari penggunaan kata yang tidak tepat.

Hindari kesalahan Tanda baca, Ejaan, dan Tata Bahasa

Meskipun terkesan sepele, ejaan, tanda baca, ataupun tata bahasa yang terlalu buruk akan menunjukkan pengaruh besar tentang bagaimana audiens membangun citra tentang sahabat pedia, selaku penulis sebuah dokumen. Perhatikan juga masalah penulisan nama, anda bisa dinilai “menyepelekan” untuk kesalahan kecil pada penulisan nama audien anda. Manfaatkan dengan baik fitur spell-check pada aplikasi pengolah dokumen yang sahabat pedia miliki, dan selalu berikan waktu untuk melakukan koreksi manual terhadap dokumen yang telah selesai ditulis.

***

Itu dia sahabat pedia, suguhan kecil dari Pak Tua untuk pengunjung Situs Keluarga Pedia. Semoga bisa membawa manfaat untuk kalian semua. Jika kalian punya masukkan, kolom komentar adalah tempat yang baik untuk mencoba menulis satu masukkan yang sudah menerapkan kemampuan dasar menulis. Jadilah literat yang baik. Salam hangat.

2 Comments
    • Si Mbah!

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *