Kepribadian ISTJ Sebagai Kekasih!

1

ISTJ sebagai kekasih – Salam sahabat pedia. Semoga hari ini penuh cinta kasih. Kalian adalah seorang ISTJ dan telah memiliki pasangan hidup? Atau, kalian mengenal seorang ISTJ sebagai seorang yang amat berarti dalam hidup kalian? Seorang pasangan hidup kalian, tentu saja. Kali ini, Pak Tua akan coba memberikan sebuah bahasan mengenai bagaimana seorang ISTJ berlaku sebagai seorang kekasih. Hal ini akan membantu para ISTJ untuk memahami lebih dalam tentang perilaku dan sikap mereka sendiri dalam membangun hubungan dengan pasangan mereka. Untuk setiap pembaca, memahami bagaimana ISTJ atau kepribadian lain ketika menjadi seorang kekasih akan membantu untuk bisa saling memahami satu sama lain. Adanya pengertian antara satu orang dengan orang lainnya dalam sebuah hubungan asmara akan meningkatkan kualitas sebuah hubungan.

Kepribadian ISTJ Sebagai Kekasih
Kepribadian ISTJ Sebagai Kekasih

 

Belum Tahu Tipe Kepribadian kalian?
Cek Tipe Kepribadian Sahabat Pedia, disini!

Dalam sebuah hubungan, ISTJ adalah sosok yang berkomitmen dan merupakan kekasih hidup yang setia. Mereka sanggup melakukan banyak hal besar dan berkorban agar hubungan mereka dalam berjalan dengan baik. Ketika mereka telah memutuskan untuk sebuah komitmen dengan pasangan mereka, maka mereka sangat kuat untuk mempertahankan agar semua tetap dapat seperti itu sampai akhir.

Ketika telah berada pada satu hubungan, maka mereka akan dengan senang hati menerima kewajiban mereka terhadap pemenuhan peran yang mereka terima dari sebuah hubungan. Mereka akan bersedia melakukan apa yang telah mereka anggap sebagai tujuan dari sebuah hubungan, maka jika mereka telah menetapkan mempertahankan hubungan agar tetap berada pada hubungan yang baik adalah sebuah tujuan, mereka akan cenderung untuk memiliki hubungan yang baik. Sedangkan, jika mereka belum menetapkan itu, maka mereka akan membiarkan hubungan berjalan begitu saja, begitu praktis dan tradisional.

Mereka umumnya memiliki masalah tentang mengekspresikan perasaan mereka yang terdalam, meskipun mereka mungkin memiliki perasaan yang sangat kuat. Dalam sebuah hubungan, kebanyakan mereka akan menghargai tradisi mengenai peran gender, dimana ISTJ laki-laki cenderung memberikan penegasan terhadap perspektif mereka untuk kemudian diikuti, sedangkan ISTJ perempuan akan sebaik mungkin mengikuti apa yang pasangan mereka inginkan sebagai perwujudan bahwa mereka begitu menghargai aturan tradisi tentang hal ini. Sahabat Pedia, para ISTJ umumnya sangat tidak nyaman keluar dari tradisi atau norma yang mereka anut dalam sebuah hubungan.

Ketika berhadapan dengan konflik atau menerima kritik yang bersifat konstruktif mereka tidak akan merasa terlalu terancam. Para ISTJ umumnya merasa pendapat mereka adalah benar, hal ini terkait dengan ketertarikan mereka pada fakta dan mereka memang menyandarkan pendapat mereka pada fakta serta logika. Hal ini menjadikan para ISTJ cenderung sulit untuk menerima sudut pandang baru.

Pada sebuah perselisihan dalam hubungan, para ISTJ cenderung menyatakan bahwa diri mereka sepenuhnya benar, sementara orang lain hanya perlu memahami situasi yang ada. Tentu saja para ISTJ sangat mungkin salah dengan apa yang mereka percaya sebagai kebenaran, namun keyakinan mereka yang tinggi tentang “aku benar” umumnya akan mengguncang pasangan mereka ketika berselisih. Perselisihan ISTJ umumnya akan berakhir pada kondisi menang-kalah, hal ini bisa menjadi masalah jika ISTJ tidak mencoba mengendalikan dirinya mengenai kebiasaan ini.

Penegasan para ISTJ tentang pandangan mereka yang cenderung tidak “kuat” ini kadang bisa membuat pasangan mereka merasa pendapatnya tidak dihargai. Adalah hal yang lebih fatal lagi jika pasangan ISTJ adalah seorang pengguna perasaan dominan, karena pengguna perasaan dominan bisa merasa pembenaran yang dilakukan ISTJ adalah malapetaka bagi diri mereka yang begitu sensitif dengan konflik ini.

Para ISTJ yang lebih banyak menggunakan fungsi pikiran ketimbang perasaan dalam membuat keputusan ini sering kali tidak mempetimbangkan perasaan dan emosi pasangan mereka dalam menjalani sebuah hubungan. Terlebih pada pasangan dengan pengguna perasaan dominan yang biasanya mengharapkan tanggapan-tanggapan positif dari ISTJ-pasangan mereka-, sementara para ISTJ secara alami tidak berkomunikasi dengan cara seperti itu. Maka, menjadi suatu hal yang sangat penting bagi setiap ISTJ untuk memahami bahwa pasangan mereka mungkin merasa begitu penting untuk mendengar bahwa diri mereka begitu dicintai, sekalipun para ISTJ tidak merasa hal ini penting bagi diri mereka sendiri.

ISTJ adalah sosok yang selalu bisa diandalkan untuk melakukan berbagai hal, mereka mampu dan efisien, hal ini menyebabkan kebanyakan ISTJ akan sangat dihargai pasangannya. Namun, ketika pasangan dari ISTJ membutuhkan sesuatu yang bersifat lebih emosional, maka para ISTJ harus menambahkan hal ini ke dalam daftar apa yang perlu mereka perhatikan, karena sebenarnya para ISTJ cenderung amat mampu untuk melakukan banyak hal demi mencapai hubungan yang sehat dan langgeng dengan pasangan yang benar-benar berarti bagi diri mereka.

Yak, itu dia sahabat pedia, sosok ISTJ sebagai seorang kekasih kehidupan. Perlu Pak Tua tegaskan bahwa MBTI tidak membatasi sahabat pedia dalam bertindak, hasil analisis MBTI dapat dimanfaatkan dalam membangun pola pikir yang lebih baik saat menilai diri sendiri atau orang lain. Selain itu, teori MBTI dapat menjadi bahan pemikiran lebih jauh pengambilan keputusan, sahabat pedia tetap bebas melakukan hal baik apapun dengan nyaman. Semoga sahabat pedia bisa membangun sebuah hubungan penuh komitmen yang berhasil dengan pasangan hidup kalian.

Lihat Lebih Banyak Tentang Kepribadian ISTJ

Untuk mengetahui lebih banyak tentang ISTJ silahkan klik baca tulisan berikut ini:
Informasi Lengkap
Kepribadian ISTJ

mbti-istj-kekasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *