Tipe Kepribadian INFJ (The Protectors) Dalam MBTI

Salam semangat sahabat Pedia, apa kabar para INFJ Sang Counselor, sudah tidak sabar ingin membaca deskripsi kepribadian kalian? Setelah membaca artikel ini harapannya kalian bisa mengenal diri kalian dengan lebih mendalam sebagai seorang INFJ, sehingga mengetahui kiat-kiat memaksimalkan potensi dari kepribadian kalian, maupun membantu kalian dalam menemukan langkah-langkah terbaik dalam menjalani kehidupan kedepannya. Selamat membaca.

Belum tahu tipe kepribadian anda?
Luangkan waktu untuk mengikuti
Tes Kepribadian MBTI Online (Gratis) ini!

Nama Lain

“The Protectors” (Pelindung) & “Counselor” (Penasihat)

An inspiration to other

Tipe Kepribadian INFJ - MBTI
Tipe Kepribadian INFJ – MBTI

Gambaran Singkat Kepribadian INFJ

Pencari makna dan hubungannya dengan ide-ide, hubungan sosial, dan pekerjaan. Selalu ingin memahami tentang pola pikir orang lain, dan belajar tentang apa yang memotivasi seseorang dalam kehidupan. Seorang yang bersungguh-sungguh dan berkomitmen dengan apa yang mereka kerjakan. Memiliki misi yang jelas tentang bagaimana cara terbaik untuk melayani kepentingan umum. Terorganisir dan Tegas dalam melaksanakan visi mereka.

Definisi, Gambaran, dan Dimensi INFJ

INFJ (Introversion, Intuition, Feeling, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INFJ kedalam Temperamen Idealist , INFJ termasuk dalam tipe kepribadian paling jarang, yakni hanya antara 1-3% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.

Dalam mengarungi kehidupan para INFJ akan menjadikan masalah sebagai kesempatan untuk menghasilkan dan menerapkan berbagai ide dan solusi kreatif. INFJ Sebagi pribadi yang memiliki ketenangan, lebih memilih memberikan pengaruh di belakang layar. Meskipun merupakan pribadi yang sangat independen, namun INFJ sangat tertarik dan peduli pada kesejahteraan orang lain. INFJ lebih memilih hubungan satu-satu dalam kelompok besar. Selain itu INFJ memiliki kepribadian yang Sensitif dan Rumit, mereka mahir dalam memahami isu-isu rumit dan mereka selalu tertarik untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara kooperatif dan kreatif.

Kehidupan INFJ begitu hidup dengan kakayaan batin yang ia miliki, dan kebanyakan mereka adalah orang yang enggan berbagi tentang kehidupannya dengan orang sekitar mereka. Meski demikian, mereka menyenangkan dalam Interaksi dan perseptif dengan emosi orang lain. Umumnya sangat disukai oleh rekan-rekan mereka, dan sering dianggap sebagai teman dekat dan orang kepercayaan. Namun, mereka jarang untuk mengekspresikan perasaan mereka sendiri, INFJ menjadi orang yang cenderung mudah merasa sakit, namun mereka tidak mungkin mengungkapkan ini kecuali untuk sahabat terdekat mereka.

INFJ cenderung memiliki kepribadian yang sensitif, dalam memimpn ia adalah sosok pemimpin yang tenang dengan kepribadian yang mendlam. Mereka rumit, sangat misterius, dan sangat kompleks, sehingga dalam berinteraksi dan menuangkan pemikirannya kadang ia akan dianggap sebagai sosok membingungkan, bahkan bagi diri mereka sendiri. Tentang dunia mereka memiliki pandangan yang teratur dan jelas.

Dalam komunikasi, INFJ adalah orang yang sangat abstrak, mereka hidup pada dunia makna tersembunyi dan penuh kemungkinan. Mereka memiliki hubungan alami dengan seni, sehingga cenderung kreatif dan mudah terinspirasi. Dan dalam bidang keilmuan, dibantu intuisi yang mereka miliki maka mereka mampu menerapkan kreatifitas mereka dalam berbagai bidang keilmuan.

Dimensi MBTI dalam Kepribadian INFJ

  • I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
  • N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
  • F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
  • J – Judgment: cenderung untuk merencanakan kegiatan mereka dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas.

Ciri-Ciri Umum INFJ

Para INFJ umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Intuitif dalam memahami orang dan situasi.
  • Idealistis, dan Perfeksionis.
  • Berorientasi pada Masa Depan.
  • Memegang Teguh prinsip.
  • Kompleks dan mendalam.
  • Pemimpin alami.
  • Sensitif dan penuh kasih terhadap orang lain.
  • Berorientasi pada Pelayanan.
  • Pendiman dan kadang nampak tak ramah, adalah gambaran ekspresi sejati merka.
  • Menghargai hubungan autentik dengan mendalam.
  • Berkomitmen terhadap sebuah hubungan.
  • Tidak suka berurusan rincian kecuali itu kaitannya dalam meningkatkan visi mereka.
  • Terus-menerus mencari makna dan tujuan dalam segala hal.
  • Visioner, Penuh Ide, Kreatif, Suka Merenung dan Menginspirasi.
  • Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik.
  • Bersemangat, dan Mudah merasa terlukai (sensitif).
  • Mampu bekerja secara logis dan rasional, menggunakan intuisi mereka untuk memahami tujuan dan bekerja untuk mencapai tujuan tersebut.

Saran Karir/Pekerjaan

INFJ adalah individu khusus yang membutuhkan karier sebagai lebih dari sekedar pekerjaan. Mereka butuh untuk merasakan semua yang mereka lakukan dalam kehidupan adalah sesuai/sinkron dengan sistem penilaian tentang kehidupan yang mereka yakini sebagai sebuah kebenaran. Oleh karena itu INFJ terkadang tidak mudah menemukan karier yang sesuai dengan sistem penilaian mereka. Untuk menunjukkan kinerja terbaik mereka dalam bekerja, mereka harus memilih karier dimana mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari sesuai prinsip-prinsip yang mereka pegang, dan yang mendukung mereka dalam pencarian hidup untuk melakukan sesuatu yang berarti.

Semenjak INFJ memiliki sebuah sistem penilaian yang kuat terhadap kehidupan, dan visi intuitif yang persisten maka ia akan memiliki perasaan mengetahui, dia akan melakukan yang terbaik dengan posisi sebagai pemimpin, bukan pengikut. Meskipun demikian, mereka akan senang dapat mengikuti seorang individu yang memimpin kearah yang sepenuhnya mendukung INFJ, dan tidak akan bisa bahagia dalam situasi lain.

Akan kami sajikan beberapa daftar pekerjaan yang membutuhkan sifat-sifat seorang INFJ, sehingga para INFJ diharapkan akan memiliki kinerja yang baik jika bekerja pada bidang-bidang ini. Namun perlu diperhatikan, hal ini tidak menjadi batasan pekerjaan bagi para INFJ, karena pada prinsipnya setiap orang dapat mengaplikasikan potensi dari kepribadian mereka pada banyak hal, yakni jika mereka memahami bagaimana memaksimalkan setiap kelebihan dan mengurangi dampak setiap kekurangan yang mereka miliki dalam meningkatkan kinerja!

Dan bagi anda yang sedang mencoba menemukan tempat terbaik anda dalam dunia kerja, serta saat ini masih belum menemukan pilihan terbaiknya, maka daftar bidang kerja ini sangat perlu menjadi pertimbangan anda. Dan tentu saja bagi para remaja yang ingin mempersiapkan rencana karier terbaiknya, maka kalian dapat memilih salah satu yang paling sesuai dan menarik minat, lalu mempersiapkan langkah terbaik untuk mencapai pekerjaan idaman anda.

Dibawah ini adalah beberapa karier yang disarankan bagi para INFJ, ini bukan daftar secara keseluruhan jadi anda tetap dapat memilih berbagai pekerjaan lain yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anda. Dan tentu saja ini hanya berupa saran yang tidak menjamin sepenuhnya bahwa memilih pekerjaan diantara apa yang kami sajikan akan membawa anda pada karier terbaik, karena terdapat berbagai faktor lain yang mungkin akan berpengaruh terhadap keberhasilan anda (seperti kerja keras, sikap real anda, keadaan tempat pekerjaan anda, dan yang lainnya)

  • Penasihat atau Pekerja Sosial.
  • Psikiater.
  • Psikolog.
  • Bidang Keagamaan.
  • Pengajar/Pendidik/Guru/Pelatih.
  • Pemasaran.
  • Artis (seniman).
  • Dokter.
  • Tenaga Kesehatan Alternatif (Chiropraktor, refleksologi).
  • Fotografer.
  • Pemerhati anak / Early Childhood Development.

INFJ Relationships

INFJ adalah orang yang hangat namun tegas yang  juga berkepribadian mendalam dan kompleks. INFJ cenderung mencari dan menginginkan hubungan yang intens dan bermakna. Mereka cenderung perfeksionis, dan selalu berusaha untuk mencari hubungan yang benar-benar baik. Pada dasarnya ini adalah keistimewaan yang positif, namun terkadang hal ini juga akan membuat para INFJ masuk dalam kebiasaan berpindah-pindah dari satu hubungan ke hubungan lain untuk mencari mitra dan hubungan yang lebih sempurna. Secara umum INFJ adalah orang yang sangat hangat dan penuh perhatian. Mereka dihargai oleh orang-orang yang dekat dengan mereka untuk kualitas-kualitas khusus yang mereka miliki. Mereka selalu mencari dan berorientasi pada hubungan jangka panjang, atau hubungan seumur hidup meskipun mereka tidak selalu mendapatkannya.

Kekuatan INFJ Dalam Berhubungan Dengan Orang Lain

  • Hangat dan Tegas secara alami.
  • Berdedikasi untuk mencapai hubungan jangka panjang.
  • Sensitif dan peduli terhadap perasaan orang lain.
  • Biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama yang tertulis.
  • Mereka sangat serius dalam berkomitmen, dan mencari hubungan seumur hidup.
  • Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain (terlalu mengharapkan).
  • Seorang pendengar yang baik.
  • Mampu berpindah (move on) setelah sebuah hubungan berakhir (begitu mereka yakin itu benar-benar berakhir).

Kelemahan INFJ Dalam Berhubungan Dengan Orang Lain

  • Cenderung untuk menahan/menyembunyikan keinginan mereka sendiri.
  • Tidak baik dengan pengelolaan uang dan pengelolaan kebutuhan sehari-hari.
  • Terkadang memiliki ketidaksukaan yang ekstrim dengan konflik dan kritik.
  • Memiliki harapan yang sangat tinggi tentang diri mereka sendiri dan orang lain (terlalu mengharapkan).
  • Mengalami kesulitan meninggalkan hubungan yang buruk.

INFJ Sebagai Orang Tua

“You are the bows from which your children as living arrows are sent forth…
Let your bending in the archer’s hand be for gladness;
For even as He loves the arrow that flies,
so He loves also the bow that is stable.” — Kahlil Gibran

INFJ biasanya adalah orang tua yang hangat dan penuh perhatian. Tujuan mereka adalah untuk membantu anak-anak mereka menjadi orang dewasa yang tahu perbedaan antara benar dan salah. Seorang independen, dan individu yang berorientasi pada pertumbuhan.

Pada umumnya mereka mengedepan kehangatan dan perhatian untuk mencapai tujuan mereka, dan cenderung memperlakukan anak-anak mereka sebagai individu yang memiliki peran dalam pengambilan keputusan keluarga. Mereka ingin anak-anak mereka dapat berpikir mendiri, dan mampu membuat keputusan yang tepat. Mereka memiliki tuntutan yang besar pada anak-anak mereka, dan mungkin memiliki harapan yang sangat tinggi untuk perilaku mereka. Meskipun mereka umumnya berbicara dengan lembut dan ramah, mereka dapat menjadi keras kepala dan berlidah tajam pada saat-saat harapan mereka tidak terpenuhi, atau ketika berada dalam kondisi stres.

Sebagai orang tua, INFJ sangat serius melaksanakan peran mereka. Mereka siap berkorban demi anak-anak mereka tanpa berpikir dua kali, dan tanpa penyesalan. Menyampaikan prinsip dan pemikiran kepada anak-anak mereka merupakan prioritas yang serius dalam hidup seorang INFJ. Anak-anak dari orang-orang INFJ akan selalu mengingat orang tuanya sebagai sosok penuh kasih sayang, hangat, sabar, dan menginspirasi.

INFJ Sebagai Teman

Meskipun sebagian INFJ akan selalu menempatkan seorang teman setelah Agama dan Keluarga mereka dalam hal-hal penting, mereka tetap sangatlah menghargai persahabatan mereka. Sebagai kaum idealis yang memiliki prinsip yang kuat, INFJs mencari kejujuran dan kedekatan dalam hubungan keakraban mereka, serta akan menghargai orang-orang yang dapat melihat dan menghargai INFJ sebagai siapa mereka dan apa yang mereka perjuangkan.

INFJ cenderung menghabiskan banyak waktu bersosialnya dengan anggota keluarga. Jika mereka religius, mereka mungkin akan banyak pula menghabiskan waktu dengan anggota komunitas keagamaan mereka. Setelah itu, INFJ biasanya memiliki teman-teman yang mewakili setiap tipe kepribadian. Mereka biasanya orang-orang yang sangat intuitif, yang tidak akan memiliki kesabaran pada siapa saja yang mereka rasa tidak jujur ??atau rusak, mereka akan merasa sangat tidak tertarik untuk berada di sekitar orang macam ini.

Segala jenis orang biasanya tertarik terhadap INFJ. Mereka biasanya cukup populer, meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya, karena mereka memang tidak menjadikan popularitas sebagai hal yang penting. INFJ biasanya begitu dihargai oleh teman-teman dekat mereka karena kehangatan dan pertimbangan mereka, serta cara-cara baru dan menarik mereka dalam melihat berbagai hal, dan karena kemampuan mereka untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

Pasangan/Partner Alami

Pada dasarnya dua individu dari jenis kepribadian apapun yang mengelola dengan baik hubungan mereka dapat menikmati hubungan yang sehat. Namun, mitra alami INFJ adalah ENTP, atau ENFP. Para INFJ yang dominan dengan fungsi Introverted Intuition (IN) paling cocok dengan tipe kepribadian yang di dominasi fungsi Extraverted Intuition (EN). Hanya saja ini bukan membatasi anda untuk berpartner atau mencari pasangan hanya terbatas pada tipe-tipe kepribadian tersebut, dan tidak menjamin bahwa seorang yang merupakan partner alami anda menurut teori MBTI ini selalu akan menjadi partner yang terbaik.

Saran Pengembangan

  • Seimbangkan cara pandang anda. Jangan terlalu banyak melihat sisi negatif & resiko, namun lihatlah sisi positif dan peluangnya.
  • Bersabarlah, jangan mudah marah dan menyalahkan orang lain atau situasi.
  • Lebih Rileks-lah dan jangan terus menerus berfikir atau menyelesaikan tanggungjawab, berikan sedikit waktu santai pada tubuh anda

Kata Kunci :

  • Visioner dan Terorganisir.
  • Kreatif.
  • Pemimpin.
  • Orientasi pada Mengembangkan orang lain.
  • Imajinatif dan Penuh ide.
  • Pencari Makna.

Tokoh-Tokoh Terkenal Bertipe Kepribadian INFJ

  • Billy Crystal, actor
  • Plato, Tokoh Filsafat Yunani
  • Carl Gustav Jung, Psychiatrist
  • Niels Bohr, Physicist
  • Mary Wollstonecraft, Philosopher
  • Adolf Hitler, Nazi
  • George Harrison(The Beatles)
  • Chaucer, poet
  • Gillian Anderson, actress
  • Nathaniel Hawthorne, author
  • Robert Burns, poet
  • Nicole Kidman, actress
  • Nelson Mandela, former President of South Africa
  • Johann Wolfgang von Goethe, writer
  • Robert Burns, poet
  • Martin Luther King, Jr., civil rights leader

Tipe Kepribadian Lainnya:

Mengetahui kepribadian dari orang-orang sekitar anda tentu adalah sesuatu yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial anda dengan mereka. Anda dapat mengenali mereka dengan lebih mendalam pada halaman Gambaran tiper kepribadian dari masing-masing tipe kepribadian dibawah ini.

  1. ENFJ (The Teacher / The Giver)
  2. ENFP (The Champion / The Inspirer)
  3. ENTJ (The Commander / The Executive)
  4. ENTP (The Visionary / The Innovator)
  5. ISFJ (The Protector / The Nurturer)
  6. ISFP (The Composer / The Artist)
  7. ISTJ (The Inspector / The Duty Fulfiller)
  8. ISTP (The Craftsman / The Mechanic)
  9. ESFJ (The Provider / The Caregiver)
  10. ESFP (The Performer / The Entertainer)
  11. ESTJ (The Supervisor / The Overseer)
  12. ESTP (The Dynamo / The Doer)
  13. INFJ(The Councelor / The Protector)
  14. INFP (The Healer / The Idealist)
  15. INTJ (The Mastermind / The Scientist)
  16. INTP (The Architect / The Thinker)

Tipe Kepribadian INFJ - MBTI

14 Comments
    • Si Mbah!
    • Si Mbah!

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *